Balasan email dari seorang penulis

Aku punya target untuk menjadi penulis dan menerbitkan buku sebelum berumur 20 tahun. Aku ingin menulis novel, tapi ternyata tidak semudah membaca novel. Benar-benar susah. Untuk itu tentu kita perlu minta nasihat dari yang lebih mahir dan senior menulis. Maka, pada suatu kesempatan aku mengirim email ke seorang penulis di websitenya.
Eka Kurniawan, penulis novel Cantik Itu Luka (yang sudah diterjemahkan ke bahasa Jepang dengan judul Bi wa Kizu) dan Lelaki Harimau, bukunya ku baca akhir-akhir ini. Sungguh keren dan hebat dalam penyajian jalan ceritanya. Aku kagum dan maka kucari sekiranya dia punya blog. Ternyata ada, dan kukirimi email.
Dan tanggal 8 Februari kemarin aku dibalasinya:


Terima kasih sudah mengunjungi website-ku.

menulis itu memang gampang-gampang susah. Saya sendiri adakalanya begitu mudah menulis, hanya dalam beberapa jam bisa menghasilkan cerita pendek, misalnya. Tapi sering juga merasa susah.

saat ini saya sedang bikin novel, dan sudah 3 tahun belum kelar. susah. tapi itu tantangannya, dan saya asyik mengerjakannya, meskipun butuh waktu yang sangat lama. 3 tahun ... dan belum tahu kapan novel yang ini bisa kelar.

yang penting menurut saya, supaya tulisan berhasil, kita harus penuh persiapan. sebelum menulis paling tidak ada beberapa hal yang harus disiapkan: kita tahu apa yang ingin kita tulis; kita punya rancangan kasar tulisan kita dari awal sampai akhir; kita juga punya bahan-bahan yang mendukung tulisan; dan tentu saja mood yang baik.

penulis baru biasanya kesulitan menulis karena justru mereka belum tahu apa yang mau ditulis, juga belum punya rancangan kasar (paling tidak di dalam kepala). lebih parah, juga karena nggak punya bahan-bahan. katakanlah, ekstrimnya, kita mau menulis tentang balap motor, tapi kalau kita tak tahu seluk-beluk balap motor dan tak ada bahan buat telaah, pasti mentok.

saya harap ini bisa membantu.

salam,
eka kurniawan
www.ekakurniawan.com

Wah, aku beruntung sekali. Walaupun Eka Kurniawan tidak terlalu popule di kalangan anak muda di daerahku (entah di daerah lain), aku tetap kagum sama kehebatannya menulis. Menurutku novel yang 3 tahun itu belum selesai adalah novel yang cukup berat dan butuh riset besar-besaran. Wah, akan kunantikan (kalau sudah diterbitkan pasti).
Bagaimana dengan aku? Ya, aku akan terus berusaha!! Aku akan mulai dari cerita yang meremaja dan ringan. Tentu saja aku harus giat berlatih.
Dukung aku dong....
doakan juga, ya!


About this entry


1 komen:

  1. Ridhah 12 April 2008 pukul 16.42

    Wah,asikny emailny dblz...
    Masi pgn jd pnulis yah?XD
    didukung slalu d...
    Da ziz kan orgny kreatip abiz XD